Sabtu, 22 November 2014

Penyebab Jerawat Batu Dan Cara Mengatasinya

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang sangat susah di obati. Meskipun penyebabnya adalah bakteri yang sama yang menyebabkan jenis jerawat lainnya, jerawat batu ini lebih menyakitkan dan memiliki risiko lebih besar untuk menyebabkan bekas jerawat dan luka daripa jenis jerawat yang lain.

Luka jerawat batu ini benar-benar dapat pecah di bawah permukaan kulit, menyebabkan pori-pori tersumbat, dan bengkak. Ahli dermatologi berpendapat bahwa jerawat batu adalah jerawat yang paling parah dan sulit penyembuhannya. Banyak juga perawatan tradisional yang tidak bisa menyembuhkan jerawat ini. Lamanya waktu penyembuhan jerawat ini  berpotensi untuk menyebabkan bekas dan luka yang lebih serius. Hal yang perlu Anda ketahui adalah penyebab dan perawatan yang tepat untuk menghilangkan jerawat batu tersebut. Jika Anda mengobatinya dengan cara yang salah, maka bisa jadi luka dan infeksinya akan semakin parah.

Penyebab Jerawat Batu
Hampir kebanyakan jerawat batu ini disebabkan oleh berbagai hormon. Pada kasus jerawat batu ini, kelenjar minyak pada kulit wanita menjadi hipersensitif untuk memproduksi hormon androgen. Hal ini menyebabkan produksi sebum yang berlebihan. Banyaknya sebum yang dihasilkan oleh kulit perlahan-lahan menjadi membesar, membengkak, dan mengeras. Ketidak mampuan untuk mendorong sebum tersebut ke permukaan kulit, maka sebum tersebut akan pecah di bawah permukaan kulit. Hal tersebut bisa menyebabkan pembengkakan dan menimbulkan jerawat nodula di bawah permukaan kulit. Jerawat tersebut akan sangat menyakitkan dan menimbulkan pemandangan yang tidak sedap.

Meskipun sulit sekali mengetahui apa penyebab dibalik timbulnya jerawat batu ini, faktor genetik kemungkinan menjadi komponen besar yang terlibat. Selain itu, ada beberapa kondisi yang mungkin juga terlibat dalam menimbulkan jerawat jenis ini, di antaranya:
  • Datangnya masa pubertas
  • Kehamilan
  • Siklus haid
  • Perimenopause dan menopause
  • Sindrom ovarium polikistik (suatu kondisi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormone dalam indung telur
Bagaimana Mengatasi Jerawat Batu?
Tidak ada cara yang benar-benar cepat untuk mengatasi jerawat batu ini, entah Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat atau tidak. Akan tetapi, ada beberapa cara untuk mencegah dan meminimalisir datangnya jerawat batu ini dengan melakukan perawatan kulit secara rutin, tentunya dengan produk perawatan kulit yang alami. Berikut ini tip-tip yang bisa Anda lakukan:
  • Menjaga rutinitas perawatan kulit harian Anda. Menggunakan rangkaian perawatan kulit berjerawat dengan Blemish Line bisa membantu kulit Anda terhindar dari masalah jerawat.
  • Gunakan pembersih yang lembut tapi efektif untuk mengangkat kotoran dan sebum yang sudah tidak diperlukan.
  • Hindari memakai sabun batangan untuk membersihkan wajah karena bahan-bahan yang ada pada sabun batangan dapat menyumbat pori-pori.
  • Jika perlu gunakan masker berbasis asam salisilat untuk mengurangi kemerahan, pembengkakan pada kulit sensitif, dan membersihkan bakteri pada pori-pori.
  • Gunakan lotion pembersih untuk membunuh bakteri dalam pori-pori, mengontrol sebum, dan mengangkat sel-sel kulit mati.
  • Menggunakan pelembab yang tebal terutama di daerah jerawat bisa menyumbat pori-pori kulit Anda. Pilihlah spot serum  yang ringan untuk merawat area kulit yang berjerawat.
Hal-hal di atas ditujukan untuk mencegah datangnya berbagai jerawat pad kulit Anda. Dan jika Anda telah terlanjur memiliki jenis jerawat ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kulit Anda.  Semoga bermanfaat.


Sumber:  skin.co.id

Artikel Terkait

Penyebab Jerawat Batu Dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Peluang Bisnis Online

Like This